Langsung ke konten utama

TAMAN VERTIKAL


SOLUSI TAMAN DILAHAN SEMPIT
Mungkin masih asing ditelinga kita, apa itu Taman Vertikal. Tapi jika melihat gambar-gambar dibawah ini, pasti banyak yang sudah pernah melihatnya. Secara sederhana tentunya taman vertikal adalah taman yang ditanam pada media yang vertikal. Ada yang menyebut taman vertikal dengan Vertical Landscape, Green Wall, Jardin Garden. saat ini dinilai cocok karena semakin sempitnya lahan perkotaan dan taman ini bisa ditanam didinding vertical gedung-gedung atau rumah-rumah pribadi.

Di Indonesia, masih jarang ada bangunan yang membuat taman vertikal. Tapi mulai ada yang mencoba menanam tanaman di pot yang disusun ke atas, atau memakai tanaman rambat di dinding. Model taman vertikal yang ada di luar negeri sangat sederhana, dengan tanaman rambat atau tanaman di pot yang dibuat di tiang-tiang bangunan. Meskipun sederhana dan dipilih tanaman yang murah, tetapi mampu menampilkan suasana hijau dan segar bagi lingkungan sekitarnya.

Menempatkan tanaman agar bisa tumbuh di dinding perlu sedikit trik, mengingat jauh lebih sulit menanam dalam kondisi vertikal dibandingkan posisi biasa. Jadi, diperlukan wadah atau modul yang tepat agar tanaman tetap tumbuh dan tak cepat mati.

MANFAAT TAMAN VERTIKAL
Selain menambah keindahan, efek positif taman vertikal adalah menurunkan suhu termal terhadap interior bangunan. Karena daun-daun tanaman dapat mereduksi efek panas dari radiasi matahari. Hal ini disebabkan sirkulasi udara mengalir melalui dedaunan dan celah batang-batang tanaman. Intinya bahwa taman vertikal dapat menahan panas dari luar ruang. Selain itu suara bising dari luar juga dapat diredam.

Karena biasanya taman vertikal mempunyai elemen daun yang rapat, hal ini dapat mengurangi polusi udara karena taman vertikal dapat menangkap partikel-partikel kotoran. Keuntungan lain yang tidak kalah penting adalah Mengurangi efek tampias hujan dan meningkatkan suplai oksigen serta tidak perlu lahan yang besar. Dinding rumah sebagai media tanam.
MEMBUAT TAMAN VERTIKAL
Sebenarnya membuat taman vertikal sangatlah mudah. Anda bisa membuatnya secara sederhana dengan tanaman rambat yaitu dengan menempelkan kawat ayam pada dinding kemudian membelitkan tanaman rambat pada beberapa bagian pada kawat tersebut, dan rawat dengan baik maka tanaman itu akan menyebar dengan sendirinya. Tetapi ada teknik lain yaitu seperti uraian dibawah ini dengan menggunakan media rak.

RAK : yang terbuat dari bahan logam atau plastik agar dapat menyangga pot tanaman dengan kuat dan tahan lama. Bisa juga memakai rak berbahan kayu. Rak ini harus berongga agar air yang disemprotkan ke dalam pot tanaman tidak memenuhi rak.

PAPAN PENYANGGA : pakai lembaran papan berbahan PVC. Bahan tersebut diyakini dapat dilubangi kawat untuk menjaga kerapian pot.

WADAH POT: gunakan pot yang dapat menjadi media tanam ala metode hidroponik yakni pot yang dapat diisi sekam bakar, cocopeat, dan rumput laut. Ketiganya berfungsi menyimpan penyimpan cadangan air di media tanam. Untuk itu, Anda bisa gunakan pot dari bahan planel, modul palstik berlubang-lubang, batu bata / pralon

MEDIA TANAM
A. Bahan Organik : Arang, Batang Pakis, Kompos, Moss, Pupuk kandang, Sabut kelapa (coco peat), Sekam padi, Humus, Rumput laut.

B. Bahan Anorganik : Gel, Pasir, Kerikil, Pecahan batu bata, Spons (floralfoam), Tanah liat, Vermikulit dan perlite, Gabus (styrofoam), Rockwool, zeolit, Red lava (dari berbagai sumber/foto istimewa)



















Komentar

Postingan populer dari blog ini

MARI BELAJAR MEMPERBANYAK TANAMAN SECARA VEGETATIF

PERBANYAKAN TANAMAN SECARA VEGETATIF Kelebihanperbanyakan secara vegetatifdiantaranya adalah, mempunyai sifat yang sama dengan induknya,bisa lebih cepat berbuah, dan bisa diproduksi secara masal( jika di lakukan secara stek).
Beberapa contoh perbanyakan secara vegetatif diantaranya, okulasi,sambung pucuk,sanbung susu,sambung sisip,sistem runduk, cangkok dan stek.
Perbanyakan  Vegetatif  secara stek, pada tanaman sudah mulai marak di indonesia, banyak kelebihan perbanyakan secara stek pada tanaman, di antaranya adalah kita bisa mempersingkat produksi dan memproduksi secara masal.
STEK TANAMAN BUAH

A.STEK JAMBU AIR

B.STEK JAMBU BOL JAMAIKA

C. STEK LENGKENG

D. STEK BEACH CHERRY

E. STEK MIRACKLE FRUIT

F. STEK JAMBU BIJI

G . STEK JABOTICABA (ANGGUR BRAZIL), STEK KUPALANDA


Cara mencangkokCara mudah mencangkok,
Di sekolah dasar kita pernah diajari cara mencangkok, itu berarti hampir semua orang mengetahui bagaimana caranya mencangkok, di Istana Alam mencari inofasi bagaimana cara mencangkok yan…

Sawo Jumbo

Manilkara zapota. Berasal dari Guatemala dan Meksiko yang dikembangkan di Vietnam. Ukuran besar, berat buah dapat mencapai 750 gram. Tekstur daging buah lembut dan bercita rasa manis. Waktu pemasakan buah 6 bulan sejak berbunga. Tipikal buah yang tahan disimpan sampai 1 minggu

NAMA TANAMAN (nama ilmiah & nama indonesia)

NONAMA NAMA LATIN1AbeiFragaria2AbrosiaAbrosia spp3AbutilonAbutilon spp4AcerAcer palmatum5AdasFoeniculum vulgare6Adas SowaAqethum grave7Adas-adasanGomphrena globosa8AechmeaAechmea9AesculusAesculus hippocastanum10AgeratumAgeratum11AglaonemaAglaonema sp12Aglaonema SilverAglaonema commutatum13Aglaonema TreubiAglaonema treubi14AgropironAgropiron15AkalifaAcalypha sp16Akalifa (Ekor tupai)Acalypha wilkesiana17Akar GometPericamphylus glaucus18Akar KelimparEmbalia ribes Burm19Akar KepayangHodgsonia macrocarpa20Akar KucingToddalisa asiatica21Akar NagaPoliypodium feei22Akar RumputAlternanthera sessilis23Akar SambangMerremia peltata24Akar SlemangMerremia umbellata25Akar WangiAndropogon zizanioides26AkasiaCassia sp27AlamandaAlamanda chatartica28Alang-alangImperata cylindrica29Alba RosaCordyline terminalis30AleanderNerium oleamder31AlmondPrunus dulcis32AlpukatPersea americana33AlstroemeriaAlstroemeria34Aluminium kadriPilea cadierei35AlvalvaMedicago sativa36Alvalva KuningMedicago falcata37Ambong-ambo…